Cerdas Memilih Bisnis MLM Yang Baik dan Benar


Cerdas Memilih MLM
Stephen Covey, penulis buku terlaris di dunia “7 Habits of Highly Effective People”
“Multi Level Marketing adalah bisnis jaringan yang dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang latar belakang dan membuat setiap orang yang mengerjakannya dapat menjadi berpikir besar menuju impiannya masing-masing secara terarah.”

Cuma kebanyakan dari kita menganggap bahwa semua bisnis yang menggunakan jaringan atau networking adalah sebuah bisnis MLM, bahkan kegiatan money game pun akhirnya dianggap sebagai bisnis MLM yang baik. MLM bukanlah money game karena money game itu adalah suatu permainan / business yang meminta uang dengan janji akan mendapatkan pengembalian yang sangat besar tanpa melakukan sesuatu kegiatan apapun selain merekrut dan merekrut anggota.Sedangkan MLM (Multi Level Marketing)  itu sendiri merupakan suatu bentuk bisnis pemasaran produk yang melibatkan masyarakat sebagai ujung tombak pemasaran.

Lalu  bagaimana cara kita mengetahui sebuah bisnis MLM itu adalah bisnis yang baik dan benar bukan Money Game. Diambil dari berbagai sumber, berikut ini adalah ciri-ciri bisnis MLM yang baik dan benar:

Legalitas Jelas. Patut dicatat izin PT dari Kemenhukkam bahwa NPWP, TDP, SIUP tidaklah cukup sebagai dokumen legalitas suatu Perusahaan MLM. Usaha MLM haruslah memiliki izin operasi yang sah dari pemerintah. Di Indonesia, perusahaan MLM wajib mengantongi SIUPL (Surat Izin Usaha Penjualan Langsung) dari BKPM.

Memiliki Produk. MLM yang baik ditandai dengan produk berkualitas, bermutu tinggi, dan unik. Sebelum memutuskan memilih suatu MLM, sebaiknya analisa produknya. Apakah produk tersebut dibutuhkan masyarakat. Lalu apakah produk memiliki manfaat memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen nantinya? Bagaimana dengan harga, apakah cukup bersaing dengan produk sejenis di pasaran? Apakah tidak terlalu mahal? Dan yang paling penting, apakah Anda menyukai dan mengerti produk tersebut? Jika tidak, jangan coba-coba memasarkannya!

Menjual Produk atau Merekrut Orang?MLM yang benar menekankan pada penjualan produk, bukan semata pada pencarian member baru. Sementara MLM yang mengutamakan hanya untuk mencari member biasanya hanyalah money game dengan menyamar sebagai MLM. Anda bisa dengan cepat mengetahui MLM ini dari presentasi para distributor / membernya yang dengan cepat berbusa-busa menunjukkan hitungan bonus tanpa menjelaskan manfaat produknya. Ataupun mereka memasarkan produk yang sekilas terlihat baik tetapi sebetulnya tidak bermutu.
  
Memiliki marketing plan yang adil bagi semua member. Bisnis MLM yang baik akan menguntungkan bagi semua member yang mau berusaha keras, tidak perduli dia gabung duluan atau belakangan. Jadi, misalnya Anda bergabung lebih dulu di sebuah bisnis MLM dan tidak bekerja, tapi downline Anda yang bekerja keras untuk membangung jaringan Anda, maka yang akan sukses adalah downline Anda. Sedangkan Anda sendiri hanya bisa menonton kesuksesan downline Anda tersebut. 

Peluang income.Anda bisa menganalisa peruntungan Anda dengan mendiskusikannya lebih lanjut, atau Anda bisa juga mengamati orang lain di bisnis itu, apakah mereka puas dengan sistim bonus yang ada?, jika pengamatan analisa Anda bisa menerima secara Realistis, maka kemungkinan Anda pun bisa menikmatinya peluang income yang besar bila Anda menjalankan sesuai dengan ketentuan Marketing Plan dari perusahaan MLM  tersebut.

Memiliki Sopport System yang Baik Perusahaan MLM yang baik pasti memiliki support sistem yang baik yang memudahkan para member dalam mengoptimalkan kegiatan marketing mereka. Apakah tersedia alat bantu yang memadai untuk membantu Anda menjalankan bisnis nantinya? Adakah acara atau pelatihan yang dapat Anda hadiri. Apakah ada saluran komunikasi yang baik dengan upline dan kantor Anda? Apakah Anda mampu berdiri sendiri dan tidak selalu tergantung pada dukungan upline Anda nantinya?

Owner Perusahaan. Pimpinan / Owner Perusahaan sangatlah menentukan keberhasilan suatu bisnis. Pimpinan / Owner perusahaan yang baik akan sangat membantu mengatasi masalah yang muncul di kemudian hari. Jika pemimpinnya buruk, bagaimanapun bagusnya suatu produk atau sistim bisnisnya, pada akhirnya akan runtuh. Jangan gegabah, dan asal nyambar, lalu Anda menyesal di kemudian hari.

Sekali lagi MLM adalah jenis bisnis yang baik, tetapi Anda harus jeli memilih jenis usahanya. Jangan salah pilih. Jangan ragu untuk menggali informasi mengenai perusahaan MLM itu  Apakah perusahaan tersebut layak dipercaya dan berpotensi menjadi peluang bisnis Anda ke depan? baca pendapat atau review orang lain tentang MLM tersebut sebelum mengambil keputusan.

Salam Sukses

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda...Berkomentarlah Dengan Baik Dan Benar